Thursday 16 December 2010

Cara Add Custum Tab di Facebook (Rename Tab)

Facebook Tab seperti Dinding, Info, Foto, Video, Diskusi, Link, dan lebih banyak memberikan banyak fitur dan fungsi yang intinya untuk layanan jejaring sosial facebook. Tab bisa berisi informasi, applikasi, game, foto, video, menempelkan form, HTML dll.
Salah satu fitur yang paling banyak diminati dan diinginkan dari Tab ini adalah kemampuannya mengubah nama tab yang muncul di halaman Facebook, yang sering digunakan untuk mempromosikan perkumpulan, perusahaan, organisasi, layanan, produk, sesuatu yang baru, sebuah alasan, selebritis dll. Halaman ini, sering disebut dengan fanpage, yang sering memerlukan pengaturan nama tab dan judul tab untuk memberi pengunjung informasi lebih.

Tab bawaan Facebook tidak dapat untuk mengganti nama atau pun mengubah judul tab. Seperti sebuah lembar kerja, anda bisa menambahkan “Static FBML” ke halaman Facebook, yang ditampilkan seperti tab. Kemudian tab ini bisa mengubah nama sesuai dengan yang anda mau, seperti Service, Order Form, Feedback, Mailing List, Enquiry, Contact Us, Contest, Promotion dll. Tab ini hanya berisi data yang anda masukkan ke dalam box FBML selama pengeditan.

Berikut adalah cara membuat pengaturan tab baru dengan Static FBML, dan menggunakan aplikasi seperti sebuah lembar kerja mengubah nama di Facebook:

  1. Add dan install aplikasi Static FBML ke dalam halaman Facebook anda dengan mengeklik link Add to my Page.

    add-static-fbml

    dan kemudian klik tombol Add to Page di halaman yang ingin anda tambahkan di Static FBML.

    facebook-static-fbml

  2. Pergi ke halaman Facebook, dan klik Edit Page.
  3. Klik pada bagian Applications.
  4. Temukan aplikasi FBML yang ditambahkan seperti daftar di bawah, dan klik Go to Application.

    edit-fbml

  5. Halaman “Edit FBML” akan terbuka. Masukkan nama tab pada Box Title, dan beberapa teks atau kode HTML yang ingin anda tampilkan ketika tab ini terbuka di dalam teks box FBML.

    fbml-text-html

  6. Klik tombol Save Changes bila semua telah selesai.
  7. Halaman Static FBML bersama kostum title akan ditampilkan bersamaan dalam facebook.

new-facebook-tabs

Tak hanya dengan satu kostum tab? aplikasi Static FBML, walaupun hanya bisa menambahkan satu halaman saja, anda sudah bisa menambahkan beberapa kotak FBML sebanyak mungkin, yang keseluruhan akan di tampilkan secara bersamaan, ikuti langkah – langkah mulai dari halaman “Edit FBML” pada aplikasi FBML, dan klik pada tombol link Add another FBML box. Untuk mengatur tab baru, kembali pada bagian aplikasi untuk mencari box FBML baru yang ingin ditambahkan.

Baca Juga Postingan Di Bawah Ini:



1 Komentar:

Anonymous said...

Nice article!
Static FBML is actually on its way out (at the end of 2010)...lujjure.com is the best new way I found to make custom fan pages. no coding!


Aaron

Post a Comment

Posting Terkait